Iklan

Puan Maharani : Pembatalan Piala Dunia U20 Indonesia Tidak Punya Hubungan diplomatik Dengan Israel

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengaku sedih dan kecewa karena Indonesia dicoret oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.
Puan Maharani menampik isu yang beredar di jagat maya bahwa PDI Perjuangan berusaha menggagalkan perhelatan dunia itu.”Kami sedih dan kecewa akhirnya U 20 tidak bisa dilaksanakan di Indonesia,” ujar Puan Maharani di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

“Waduh, serem banget, menggagalkan. Kami sedih dan kecewa akhirnya U-20 tidak bisa dilaksanakan di Indonesia, dan hal tersebut tentu saja terjadi bukan karena adanya perbedaan pendapat,” kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2023).

Puan menyebut pembatalan tersebut bukan karena perbedaan, tetapi karena adanya aturan yang mengatur hubungan luar negeri dengan Israel. Karena itu, menurutnya, patut dilihat terlebih dulu penyebab pembatalan tersebut.

“Yang harus dilihat bahwa memang dalam aturan yang ada di dalam Kemenlu, dinyatakan bahwa kita tidak mempunyai hubungan dengan Israel. Jadi itu yang harus dilihat dahulu,” ujarnya.

Selain itu, Puan Maharani menyayangkan adanya pembatalan Piala Dunia U-20. Dia berharap ke depannya Indonesia dapat menggelar event-event internasional.

“Kami juga menanyakan kepada pemerintah bagaimana dengan sikap pemerintah dengan adanya aturan tersebut, namun kemudian akan dilaksanakan satu event walaupun event itu event olahraga,” kata dia.

“Jadi kami kecewa, sedih, dan tentu saja berharap tetap bisa melaksanakan event-event internasional, bukan hanya olahraga, dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap menyelenggarakan ajang-ajang internasional seperti itu,” sambungnya.

Lebih lanjut, Puan Maharani mengimbau untuk tidak menjadikan perbedaan tersebut sebagai upaya untuk menggagalkan Piala Dunia U-20. Dia berharap pemerintah dapat lebih memperhatikan aturan-aturan yang ada.

“Jadi perbedaan ini jangan kemudian dianggap satu hal ada yang menggagalkan, ada yang berusaha menggagalkan dan lain-lain. Intinya, kami mendukung apa yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk menggelar dan menunjukkan bahwa Indonesia siap untuk melaksanakan event-event internasional,” tutur Puan Maharani.

Lanjutnya,”Hanya yang kami minta sebelum melaksanakan hal tersebut, agar kemudian ditindaklanjuti atau dilihat dulu, apakah ada aturan-aturan yang kemudian nanti tidak bisa dilaksanakan di Indonesia. Jadi jangan sampai ada aturan itu bertolak belakang dengan pelaksanaan event-event yang akan dilaksanakan,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini