Iklan

Perayaan Jumat Agung Berlangsung Dengan Khidmat Di Gereja Katedral,Jakarta

Umat Kristen di dunia, baik itu Protestan ataupun Katolik memperingati Jumat Agung atau Wafatnya Isa Al Masih 2023 hari ini, Jumat (7/4/2023).
Wafatnya Isa Al Masih ditetapkan sebagai libur nasional. Bagi umat Kristen yang akan menjalani Misa Jumat Agung,Jumat Agung adalah Hari Jumat sebelum Minggu Paskah, peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya di Golgota.

Jumat Agung merupakan bagian dari Tri Hari Suci Paskah, selain Kamis Putih dan Minggu Paskah.Pada Hari Paskah, umat Kristen akan memperingati tiga peristiwa penting yang meliputi penyaliban Yesus, kematian Yesus di atas kayu salib, dan pemakaman Yesus.

Dalam peringatan Paskah ini, Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema Peran Serta Kita dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bersama.

Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie mengatakan Jalan Salib ini baru diadakan kembali tahun ini secara visualisasi setelah pandemi COVID-19.

“Jadi bagaimana juga tadi renungan melalui Jalan Salib kreatif, orang muda Katolik Katedral, bisa juga diambil maknanya supaya juga umat bisa menuju kepada kebaikan bersama, dengan mengalami hal-hal yang mungkin dirasa sangat memberikan efek di kehidupannya,” ujar Susyana.

“Dengan hal ini mereka dikuatkan dan kemudian juga umat juga bisa mendukung gitu, membantu kondisi-kondisi yang memang dirasa sulit bagi yang mengalami. Nah itu demi kebaikan bersama yang artinya adalah juga untuk kesejahteraan bersama,” sambungnya.
Jumat Agung Berlangsung Khidmat

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8204589113192946″
crossorigin=”anonymous”></script>

Adapun ibadah Jumat Agung hari ini terbagi menjadi 3 sesi, yakni pada pukul 12.00 WIB, pukul 15.00 WIB, dan pukul 18.00 WIB.

“Terkait dengan adanya tema yang saat ini diambil dari tema, memang di tahun kedua arah dasar Keuskupan Agung Jakarta yaitu terkait dengan ajaran sosial gereja, yang ini yang kedua adalah terkait dengan kesejahteraan bersama,” kata Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie.

“Jadi bagaimana juga tadi renungan melalui Jalan Salib Kreatif, orang muda Katolik Katedral, bisa juga diambil maknanya supaya juga umat bisa menuju kepada kebaikan bersama, dengan mengalami hal-hal yang mungkin dirasa sangat memberikan efek di kehidupannya,” sambungnya.

Susyana mengatakan pihak gereja menyiapkan kapasitas sebanyak 3.000 jemaat. Selain itu, juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kapasitas kawasan gereja untuk ibadah pekan suci sebanyak 3.000 kursi dan disiapkan kursi cadangan sebanyak 500 kursi,” tuturnya.

Sebelumnya, umat Katolik Gereja Katedral Jakarta melaksanakan Jalan Salib untuk mengenang kesengsaraan Yesus Kristus di kayu salib. Teatrikal Jalan Salib ini dilakukan oleh puluhan pemuda dalam rangkaian ibadah Jumat Agung.

Teatrikal Jalan Salib digelar di halaman Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2023). Sejumlah jemaat mengikuti ibadat Jalan Salib.

Dalam Jalan Salib tersebut, diperlihatkan visualiasi Yesus Kristus dari mulai dijatuhi hukuman mati, disalibkan sampai diturunkan dan dimakamkan.

Ibadat Jalan Salib dimulai pada pukul 09.00 WIB. Jalan Salib dipersembahkan oleh Orang Muda Katolik Katedral, sejumlah 80 orang termasuk pendukung dan kru dari pemain.

Sekitar pukul 10.40 WIB, prosesi Jalan Salib selesai. Jemaat terlihat meninggalkan ruang peribadahan dengan hikmat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini