Iklan

Penyebar QRIS Palsu di Kotak Amal Mesjid di Tangkap Polisi

QRIS palsu ditemukan pada sejumlah kotak amal masjid di kawasan Jakarta Selatan hingga Masjid Istiqlal. Pihak kepolisian telah berhasil menangkap pelaku yang diduga menempelkan QRIS bodong tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengonfirmasi penangkapan tersebut. Namun dia tidak menjelaskan secara detail sosok pelaku.
Trunoyudo hanya menjelaskan pelaku di sejumlah masjid Jakarta Selatan sama dengan yang di Masjid Istiqlal. “Iya satu pelaku dan orang yang sama,” ujarnya, dikutip dari, Selasa (11/4/2023).

Polisi menangkap pria penyebar QRIS palsu pada kotak amal masjid di kawasan Jakarta Selatan hingga Masjid Istiqlal. Dia kini sedang diperiksa.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan aksi pria mengganti QR code pada kotak amal di sebuah masjid di Kebayoran Baru, Jaksel, viral di media sosial.

Seorang pria dengan mengenakan kemeja biru dan celana panjang terlihat mendekati kotak amal.

Pria itu tampak membawa sebuah kertas stiker. Dia sempat melihat sekeliling sebelum akhirnya menempelkan stiker itu ke kotak amal yang ada di depannya.

Dari narasi yang beredar, stiker yang ditempel itu adalah QR code. Dia diduga sengaja menempelkan QRIS palsu code di kotak amal.
Setelah diurut polisi, rekening yang tercantum dalam QRIS palsu tersebut telah diblokir Bank Indonesia.

Pria itu lalu terlihat menempelkan stiker ke kotak amal. Dari tulisan yang beredar, stiker tersebut diduga QR Code dan sengaja menempelkannya pada kotak amal.

“Modus penipuan baru, ada oknum yang nempel stiker QRIS di kotak-kotak infak masjid.

Ini kejadian di Nurim Blok M Square di tempel hari Kamis, 6 April, baru ketahuan pagi 9 April,” narasi yang menyertai video itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini