Iklan

Jalan Tol Gratis, Selama Periode Mudik Lebaran 2023 di Malaysia Untuk Meringankan Beban yang Mudik

Pemerintah Malaysia menggratiskan jalan tol bagi semua jenis kendaraan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Tak tanggung-tanggung, kebijakan itu berlaku selama empat hari.
Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan, mereka yang bepergian untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman, dapat menikmati perjalanan bebas biaya lewat jalan tol. Program ini berlaku untuk semua kelas kendaraan di 33 jalan tol Malaysia.

Kami berharap inisiatif ini dapat meringankan beban mereka yang mudik ke kampung halaman masing-masing untuk mengikuti hari raya tersebut,” ujar Anwar seperti dikutip The Street times, Selasa (18/4/2023).

Anwar menjelaskan, program tol gratis ini diberlakukan mulai 19–21 April, dan pada 24 April 2023.

Operator jalan tol terbesar Plus Malaysia memprediksi sekitar dua juta kendaraan bakal menggunakan tolnya selama hari raya Idulfitri. Jumlah ini naik 20 persen dibandingkan hari biasa.

Tak cuma itu, Anwar juga memberikan potongan khusus untuk denda pelanggaran lalu lintas berdasarkan aturan pada 2022 dan sebelumnya. Masing-masing denda bakal dikurangi menjadi RM50 atau sekitar Rp167 ribu.

Seperti di Indonesia, tradisi mudik juga didapati di Malaysia. Ribuan penduduk kota di negeri jiran berbondong-bondong pulang kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga mereka.

Kementerian Pekerjaan Umum Malaysia menyatakan, ini adalah pertama kalinya pemerintah menggratiskan tol selama empat hari di 33 jalan tol di negara itu.

Pada lebaran tahun ini, warga Malaysia bakal mendapat libur selama empat hari mulai Jumat (21/4) hingga Senin (24/4), terlepas dari apakah lebaran jatuh pada Jumat atau Sabtu.Pemerintah Malaysia akan menentukan hari libur lebaran mulai Kamis (20/4) ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini