Iklan

Luhut Binsar Siap Jadi Ketua Umum Golkar Bila Didukung Kader

Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Panjaitan mengaku bersedia menjadi Ketua Umum Partai Golkar jika mendapat dukungan dari Kader partai beringin tersebut.

Politisi Golkar Luhut Binsar yang menjadi yang menjabat Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi mengaku siap menjadi Ketua Umum Partai Golkar bila banyak kader Partai Golkar yang mendukungnya.

“Kalau didukung, mau,” kata dia usai menghadiri Penandatanganan MoU Program HEAL di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-kura Bali, di Denpasar, Selasa,(25/7/2023)

Meski Luhut mengaku siap menjadi Ketum Partai Golkar, Luhut menyampaikan tak ada kepentingan yang terlalu besar untuk menduduki jabatan tersebut, bahkan dirinya tak tahu menahu siapa saja yang hendak maju.

Santer beredar diwacanakan ingin menggeser posisi Airlangga Hartarto, Luhut meluruskan bahwa dirinya tak memiliki masalah pribadi dan hanya akan menunggu keputusan partai.

Namun belakangan ini, ia mengaku kerap didatangi senior-senior Partai Golkar, meski enggan menjawab isi dari pertemuan-pertemuan tersebut.

“Airlangga itu teman baik saya, tidak ada masalah. Soal itu tadi (menjadi Ketum Partai Golkar) biarkan saja mekanisme mereka jalan, saya nunggu saja, tidak ada juga kepentingan yang menggebu-gebu di situ,” ujar dia.

Ketika disinggung soal elektabilitas partai yang menurun seperti pada hasil survei Indikator Politik Indonesia, yaitu 9,2 persen berdasarkan survei tatap muka, Luhut juga tak ingin menyalahkan siapa pun, termasuk Airlangga Hartarto.

Menurutnya, kondisi ini justru semestinya diisi dengan upaya perbaikan di tubuh Partai Golkar, dan elite partai memegang kendali besar dalam hal ini.

Ia juga menilai, bahwa kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ini cukup bagus.

Kemudian Ia mengatakan tidak punya masalah dengan Airlangga Hartarto. Ia menyerahkan sepenuhnya dinamika di internal Golkar sesuai mekanisme partai.

“Airlangga itu teman baik saya. Saya tidak ada masalah. Soal itu tadi (dukungan ke saya) biarin saja mekanisme mereka jalan, saya sih menunggu saja. Tidak ada kepentingan di situ,” katanya.

Sejumlah nama lain pun mencuat di bursa ketua umum Golkar. Di antaranya Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Airlangga sendiri telah menegaskan pergantian ketua umum hanya dilakukan melalui musyawarah nasional (munas).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini