Iklan

Airlangga Hartarto Dilaporkan ke Dewan Etik, Lakukan Pelanggaran Berat Buntut Dukung Prabowo Subianto

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dilaporkan ke Dewan Etik Partai atas dugaan pelanggaran berat terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) lantaran mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.Laporan dilayangkan oleh Koordinator Tim Pemrakarsa Kebangkitan Partai Golkar Lawrence Siburian di DPP Partai Golkar, Jumat (18/8).

Airlangga Hartarto dilaporkan ke Dewan etik Golkar berlambang pohon beringin tersebut.Tim Pemrakarsa Kebangkitan Partai Golkar Airlangga Hartarto melaporkan ke Dewan etik Golkar karena Airlangga telah melakukan pelanggaran berat,akhirnya Airlangga Hartarto dilaporkan ke Dewan etik Golkar imbas dukung Prabowo Subianto.Jumat (18/8/2023).

Ketua umum Partai Golkar telah melakukan pelanggaran berat atas konstitusi yaitu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Golkar, Karena itu kami mohon kepada dewan etik untuk menjatuhkan sanksi atas pelanggaran terberat yang dilakukan,” kata Lawrence dalam keterangannya.

Airlangga Hartarto dilaporkan ke Dewan etik Golkar karena dinilai oleh Tim Pemrakarsa Kebangkitan Partai Golkar kalau Airlangga Hartarto telah melakakukan pelanggaran berat

Mereka pun melaporkan Ketum Golkar, Arilangga Hartarto dilaporkan ke Dewan Etik Partai Golkar karena menyatakan dukungan terhadap Prabowo Subianto.

Laporan itu dilayangkan Koordinator Tim Pemrakarsa Kebangkitan Partai Golkar, Lawrence Siburian ke Dewan Etik Partai Golkar.

“Kami dari tim Pemrakarsa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar baru saja melaporkan ke Ketua Dewan Etik Partai Golkar bahwa Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar telah melakukan pelanggaran berat atas konstitusi, yaitu anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai Golkar,” katanya.

Karena itu kami mohon kepada dewan etik untuk menjatuhkan sanksi atas pelanggaran terberat yang dia lakukan,” ujarnya.

Lawrence mengatakan pelanggaran yang dilakukan yakni, karena Airlangga tidak melaksanakan keputusan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar pada 22 Maret 2021 lalu yang telah menetapkannya sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Ketum Golkar ini justru mendukung Prabowo Subianto dari Partai Gerindra untuk menjadi Capres di Pilpres 2024 mendatang

Menurut Lawrence, sikap Airlangga tersebut sudah masuk dalam kategori pelanggaran berat sehingga harus dipertanggungjawabkannya kepada Golkar.

“Jadi Pak Airlangga itu hanya satu yaitu diputuskan untuk menjadi capres,”
“Tetapi kenyataannya, per hari ini dia tidak melaksanakan keputusan Rapimnas, tapi malah mendukung Capres Prabowo,” tegasnya.

“Persoalan dia mendukung dan melakukan koalisi tidak kami masalahkan sama sekali. Yang kami persoalkan, Pak Airlangga yang mengambil sikap seperti itu,” imbuhnya.

Oleh karena itu tindakan Airlangga yang mendukung Prabowo sebagai Capres tersebut dinilai pihaknya sebagai tindakan pribadi dan tidak ada kaitannya dengan Partai Golkar.
“Mengapa? karena tidak pernah dia mempertanggungjawabkan hasil Rapimnas yang mencalonkan dia menjadi Capres,” ujarnya.

“Harusnya dia pertanggungjawabkan dulu di Rapimnas, kemudian kita ubah disana, mau mendukung siapa dan mau berkoalisi dengan siapa, tetapi tidak dia lakukan,”
“Sehingga langkah yang dia tempuh adalah langkah pribadi,” ucap Lawrence.

“Kalau dia katakan yang dia lakukan hasil dari Rakernas 23 Juli yang lalu, itu juga sebuah penyalahgunaan wewenang,”

Karena menurut Pasal 39 ayat 5 a Anggaran Dasar Partai, Rakernas itu fungsinya adalah menyusun atau mengevaluasi program kerja hasil munas, tidak mengambil keputusan politik,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia pun meminta Dewan Etik Partai Golkar untuk memproses laporan tersebut.Dia pun meminta laporannya itu diproses secepat-cepatnya dalam kurun waktu 7 hari.

Kami minta menjatuhkan sanksi terberat yaitu memberhentikan Airlangga ,” ungkap Lawrence menegaskan.”Dan karena rekomendasinya memberhentikan, maka jalan selanjutnya, apabila dia telah diberhentikan terlebih dahulu, melakukan Musayawarah Nasional Luar Biasa,” ucapnya.

Buntut mendukung Prabowo akhirnya Airlangga Hartarto dilaporkan Sebelumnya, Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) secara bersama-sama menyatakan dukungan terhadap Prabowo Subianto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini