Iklan

Ganjar : Politik Luar Negeri Sebagai Alat Negosiasi Tapi Kepentingan Nasional Nomor Satu

Ganjar Pranowo Calon Presiden nomor urut 3 menyebutkan bahwa ia bakal menganggap penting kepentingan nasional di atas kepentingan politik luar negeri jika terpilih sebagai presiden RI pada 2024. Hal ini merupakan visi misi Ganjar yang disampaikan dalam debat capres kedua, Minggu (7/1/2024) malam.

“Pertama, politik luar negeri kita, adalah alat untuk negosiasi terhadap dunia luar, tapi kepentingan nasional harus nomor 1,” kata Ganjar

kemudian Ganjar menjelaskan alasannya tetap menomorsatukan kepentingan nasional.

Pertama, ia menilai bahwa kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif tetap harus disesuaikan dengan kondisi kekinian.

“Ini penting karena apa? Karena kita perlu untuk memilih, memilah dan memprioritaskan yang menjadi kekuatan keinginan dari bangsa dan negara ini,” ujarnya. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini lantas menyoroti kepentingan nasional kini adalah menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Menurutnya, kini masyarakat butuh lapangan kerja lebih banyak. “Dan investasi harus lebih banyak, maka kita musti memperkuat infrastruktur diplomasi kita, duta besar, para diplomat dan tentu saja, inilah yang musti kita berikan penugasan-penugasan untuk membereskan persoalan-persoalan kepentingan ekonomi nasional dalam konteks kekinian,” tutur Ganjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini