Iklan

Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Jemaat Disarankan Naik Transportasi Umum

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia.Ketua Panitia Pelaksana Panitia Kunjungan Bapa Suci Paus Fransiskus, Ignasius Jonan meminta jemaat menggunakan transportasi umum saat menghadiri Misa Agung yang dipimpin Paus Fransiskus pada 5 September 2024. Hal itu untuk menghindari kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi misa di Gelora Bung Karno.

Diketahui, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Agung dimulai pada jam 17.00 hingga pukul 18.30 malam. Pintu masuk di stadion utama dan madya akan dibuka setelah pukul 12.00 WIB.

Ignasius Jonan mengatakan: ”Hingga saat ini agenda perjalanan Paus, seperti sudah diumumkan sebelumnya masih sesuai rencana”. Panitia sudah menggelar persiapan di setiap venue maupun berkoordinasi lintas sektor untuk mempersiapkan yang terbaik pada kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia. Termasuk soal kesehatan sudah disiapkan team kesehatan untuk Paus dan untuk seluruh umat, demikian juga soal keamanan, pengaturan lalu lintas dan parkir sudah siapkan team panitia bersama sektor pemerintah terkait.

“Kami sangat berharap para tamu undangan yang hadir kalau dari Jabodetabek harapannya itu dapat menggunakan transportasi publik menuju Kompleks Senayan atau GBK Senayan,” kata Jonan di Kantor KWI, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Dia mencontohkan masyarakat dapat menggunakan Transjakarta dan MRT.

Aksesnya gampang naik bus Transjakarta, hampir seluruh penjuru Jakarta connectivity-nya persis turun di depan GBK di Jalan Sudirman,” kata Jonan.

Jonan menegaskan tidak ada pendaftaran misa di lokasi atau walk in. Semua sudah diatur oleh KWI melalui berbagai keuskupan dan diteruskan ke berbagai gereja atau paroki.

“Kalau yang tidak punya undangan bagaimana, kalau saran saya pribadi ini sebaiknya nonton TV di rumah. Kan ada TV pool dan di-sharing dan tanpa berbayar, dan setiap gereja kalau berkenan fasilitas layanan live streaming sehingga bisa hadir di gereja.

Paus Fransiskus akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura dari tanggal 2 hingga 13 September 2024. Indonesia akan menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan ini, yaitu pada tanggal 3 hingga 6 September 2024, sesudah itu ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari tanggal 6 hingga 9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini