Iklan

Air Terjun Sitapigagan , Air Terjun yang Mempunyai Keunikan Tersendiri

Air Terjun Sitapigagan menjadi salah satu rekomendasi yang unik untuk dikunjungi ketika ingin menjelajahi Pulau Samosir.

Air terjun ini tepatnya berada di Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur Mulamula yang berjarak sekitar 25 km dari Pangururan, Kabupaten Samosir,Sumatera Utara.
Desa ini menawarkan pemandangan mengagumkan. Rumah-rumah tradisional, sawah dan alam yang asri dikelilingi bukit hijau. Persawahannya terhampar luas dan hijau.

Bonan Dolok merupakan desa yang berada di pinggiran Danau Toba. Air terjun Sitapigagan mempunyai keunikan tersendiri. Air yang mengalir melalui tebing bukit dengan kemiringan sekitar 60°.

Di sisi kanan sepanjang jalan, pemandangan sebuah pulau ditengah Danau Toba, nama pulau tersebut yaitu Pulau Tulas.

Pariwisata
jalan Menuju air terjun sitapigagan

Air terjun Sitapigagan ini menawarkan Keunikan tersendiri , sehari-harinya airnya berwarna agak merah tua dan banyak yang beranggapan seperti kotor, tetapi apabila air tersebut dimasukkan ke dalam suatu wadah misalnya botol air mineral, warna airnya tetap bening dan nyata air nya jernih dan segar.

Sebelum Memasuki Air Terjun Sitapigagan Pengunjung melewati areal persawahan,aliran sungai dan tersedia 2 shelter untuk tempat Peristirahatan menuju Air Terjun Sitapigagan ini.

Redaksi ebataknews Saat berada di Air Terjun Sitapigagan merasakan ketenangan dan keheningan karena tempat wisata ini termasuk yang jarang terjamah oleh wisatawan. juga pasti akan merasa betah dengan menikmati bermain air terjun di sana, sekaligus memandangi pesona alam di lokasi wisata tersebut.

Ricardo Hutabarat
Pemimpin Redaksi ebataknews.com Ricardo Hutabarat

Banyak juga Pelaku Spiritual yang berkunjung ke Air Terjun Sitapigagan ini untuk Melakukan Ritual mengingat Air Terjun Sitapigagan mempunyai Kesakralan dan keunikannya tersendiri.

Ada beberapa akses yang bisa dilalui menuju tempat ini. Jika ingin melalui jalur air bisa mengunakan kapal fery dari Pangururan (Ibukota Kabupaten Samosir) menuju Bonan Dolok.

Bila ingin menggunakan jalur darat anda akan melewati kota pangururan ke arah simpang Tele. Sebelum sampai simpang berbelok ke arah kanan ada tulisan plank menuju Hotspring, Tulas, atau Bonan Dolok. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Di sepanjang jalanan ada beberapa pemandangan yang indah yang membuat anda merasa tidak akan bosan.

Namun akses jalan menuju Air Terjun Sitapigagan kurang baik. Jalannya terdiri dari batu cadas dan kerikil dan akses jalan masih buntu di pintu masuk Airterjun Sitapigagan kemudian berhenti di jalan buntu tersebut sebelah kiri menuju Air Terjun Sitapigagan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini