Iklan

Bantuan kemenparekraf untuk Lima Desa Wisata di Jawa Tengah

Bantuan Kemenparekraf untuk lima desa Wisata di Jawa Tengah disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) bagi lima desa wisata di Jawa Tengah.

Bantuan Kemenparekraf diberikan oleh Sandiaga Uno ,Ia mengatakan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diharapkan menjadikan desa wisata semakin tangguh.

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya dalam acara penyerahan bantuan Kemenparekraf yang digelar bersamaan dengan pelatihan literasi keuangan di Desa Wisata Sumberbulu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (14/9/2023),

Bantuan Kemenparekraf untuk Lima desa wisata penerima bantuan adalah Desa Wisata Sumberbulu Kabupaten Karanganyar, Desa Wisata Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara, Desa Wisata Pandanrejo Kabupaten Purworejo, Desa Wisata Karanganyar Kabupaten Magelang, serta Desa Wisata Cikakak Kabupaten Banyumas.

Bantuan kemenparekraf
Sandiaga Uno menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) bagi lima desa wisata di Jawa Tengah dalam acara penyerahan bantuan DPUP yang digelar di Desa Wisata Sumberbulu, Kabupaten Karanganyar, (14/9/2023).

“Ini adalah kelanjutan dari ADWI 2021. Saya sudah datang ke lima desa itu dan ini membuktikan bahwa kita tidak hit and run, kita terus sentuh dengan program lanjutan dan monev (monitoring dan evaluasi),” kata Menparekaf Sandiaga.

Menparekraf pun melihat program yang dihadirkan Kemenparekraf/Baparekraf terbukti tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Jumlah kunjungan wisatawan meningkat 30 persen dan pengembangan desa wisata diteruskan dengan berbagai program lanjutan.

“Setelah dua tahun saya kembali lagi ke Desa Wisata Sumberbulu dalam program lanjutan. Saya sangat terharu karena saya melihat desa wisata berkembang. Kami tidak akan tinggalkan, kami akan terus dampingi kali ini dengan program dukungan pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga berharap bantuan Kemenparekraf dan dukungan tersebut dapat dimaksimalkan untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif salah satunya adalah pengembangan sumber daya manusia.

“Mudah-mudahan sumber dayanya digunakan bagi peningkatan usaha yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk UMKM sehingga akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan penguatan desa wisata akan menopang pertumbuhan ekonomi dengan pergerakan wisatawan yang semakin tumbuh ke desa wisata.

“Suatu saat kami berharap bukan Indonesia yang membangun desa, tapi desa yang membangun Indonesia,” ujar Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini