Iklan

Effendi Simbolon Klarifikasi Soal Sinyal Dukung Prabowo Sebagai Nahkoda Handal Pimpin Indonesia

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan hasil klarifikasi terhadap rekannya Effendi Simbolon mengungkapkan bahwa legislator Komisi I DPR RI itu berkomitmen memenangkan Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo.

Politikus PDIP Effendi Simbolon memberikan klarifikasi ihwal dukungan ke Prabowo Subianto kepada Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin,(10/7/2023).

Effendi sebelumnya menilai Prabowo sebagai nakhoda yang handal untuk memimpin Indonesia ke depan.Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut turut bertanya soal hal itu kepada Effendi Simbolon. Dia menjelaskan, sebagai tuan rumah di acara rapat kerja nasional perkumpulan orang-orang Batak bermarga Simbolon (PSBI), wajar jika Effendi melontarkan pujian kepada Prabowo sebagai salah satu tamu yang hadir.

“Nah di situ sebagai tuan rumah kan memberikan pujian-pujian kepada seluruh tamu yang datang. Kan tamu enggak mungkin dikritik di depan umum,”

Lanjut Hasto, Effendi Simbolon adalah sosok kader yang taat terhadap keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Ia menyatakan Effendi juga telah berkomitmen akan berjuang memenangkan Ganjar Pranowo sebagai capres. “Jadi telah dilakukan klarifikasi. Buktinya tadi dalam pembahasan kebijakan pertahanan, Pak Effendi bersikap objektif,” kata Hasto.

Sebelumnya, pernyataan Effendi Simbolon dilontarkan dalam forum rapat kerja nasional “Punguan Simbolon Dohot Boruna” (PSBI) pada Jumat, 7 Juli 2023 lalu. Ia menilai Prabowo adalah sosok yang pantas memimpin bangsa menggantikan Presiden Joko Widodo.kegiatan tersebut dihadiri Bakal Capres 2024 dari Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

Klarifikasi dilakukan menyusul munculnya narasi Effendi mendukung Prabowo sebagai pemimpin Indonesia ke depan.

“Pak Prabowo diundang dalam kapasitas sebagai menteri pertahanan yang semula akan berbicara tentang aspek-aspek bela negara,” kata Hasto setelah proses klarifikasi terhadap Effendi di kantor PDIP, Jakarta Pusat.

Hasto juga mengatakan hasil klarifikasi menegaskan Effendi tetap berkomitmen memenangkan Ganjar sebagai Presiden RI.Sebab, kata Hasto, penetapan Ganjar menjadi Bakal Capres 2024 menjadi keputusan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Akan berjuang di dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung oleh PDI Perjuangan bersama dengan partai-partai lain,” kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Hasto bahkan mengatakan selama klarifikasi Effendi turut menyoroti kebijakan pembelian pesawat bekas dari Qatar era Prabowo yang berpotensi melanggar peraturan.

“Pak Effendi menyampaikan hal-hal yang bersifat objektif dan itu dilakukan dengan penuh pertanggungjawaban sebagai sosok yang lama berkecimpung di Komisi I, sehingga bisa memahami mana kebijakan pertahanan dalam pengadaan alutsista yang tepat, mana yang tidak tepat,” ujar dia.

Hasto juga mengatakan Effendi hingga saat ini masih berstatus kader PDIP dan tetap berdisiplin menjalankan kebijakan organisasi.”Terkait dengan ada isu-isu Pak Effendi mau ke partai lain, itu juga sama sekali tidak benar, karena sekali merah tetap merah,”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini