Iklan

Gerakan Nasional BBI dan BBWI 2023 Kalteng Resmi Dibuka

Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023 Kalimantan Tengah (Kalteng), secara resmi dibuka, bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tambun Bungai, Kota Palangka Raya, pada Jumat pagi, 14 Juli 2023.

Peresmian ditandai dengan pemukulan katambung yang dilakukan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI Ni Made Ayu Marthini bersama Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki; Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo; Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo; dan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves RI Odo R.M. Manuhutu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara virtual, Jumat (14/7/2023), menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selaku penyelenggara utama serta BI dan K/L lainnya yang mendukung kegiatan ini.

“Ini merupakan kerja sama yang baik seluruh stakeholder untuk membangun Indonesia yang kuat di kancah internasional,” kata Menparekraf.

bbwi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selaku penyelenggara utama serta BI dan K/L lainnya yang mendukung kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2023 Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam sambutan nya secara virtual, Jumat (14/7/2023).

Senada disampaikan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga mengapresiasi kerja sama luar biasa Pemprov Kalteng dan pihak terkait dalam kegiatan ini.

“Gernas BBI dan BBWI telah melahirkan semangat kecintaan membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri, produk UMKM. Peran Pemerintah Daerah sangat strategis untuk mendukung gerakan ini,” kata Teten.

Menkop UKM juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo untuk melakukan hilirisasi produk. “Ke depan, kita harus fokus pada hilirisasi yg melibatkan UMKM, hilirisasi produk-produk perkebunan, laut yang melibatkan UMKM dan koperasi untuk kesejahteraan yang luas,” kata Teten.

Sementara itu, Wagub Edy Pratowo menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sangat bergembira, menyambut baik, dan bersyukur atas pelaksanaan kegiatan ini. Apresiasi pun disampaikan kepada BI dan Kementerian/Lembaga terkait yang sudah mendukung penuh kegiatan ini.

Digelarnya kegiatan Gernas BBI dan BBWI dinilai sangat strategis untuk mempromosikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai salah satu tujuan wisata, sekaligus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat setempat pascapandemi COVID-19.

“Sekali lagi kami berharap dukungan semuanya, terutama Kementrian, Kelembagaan terkait dari pusat untuk bisa terus memotivasi dan mendukung kami dalam rangka mempromosikan Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Wagub Edy Pratowo.

Gubernur Bank Indonesia dalam _Inspirational Speech-nya menyampaikan 3 poin inspirasi sebagai wujud kebanggaan terhadap Bumi Tambun Bungai, Kalteng, yakni inspirasi ekonomi rakyat untuk memajukan bangsa, kekuatan untuk berinovasi, serta penguatan koordinasi dan sinergi menjadi kekuatan rakyat dan kekuatan bangsa.

“Mari kita terus Beli Buatan Indonesia, berwisata di Indonesia, dan mengendalikan harga,” kata Perry seraya menambahkan bahwa selain hilirisasi, juga perlu dilakukan inovasi dengan digitalisasi.

Pembukaan Gernas BBI dan BBWI 2023 dirangkai dengan Program Unggulan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 serta Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Bidang Pertanian, PSBI Bidang Pariwisata, dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI).

Selain itu, acara juga dirangkai dengan Peragaan Busana Benang Bintik “The Glamorous of Benang Bintik”.

Gernas BBI dan BBWI digelar pada 13-16 Juli 2023 di GPU Tambun Bungai dan Lapangan Sanaman Mantikei. Event kali ini mengangkat tagline dalam Bahasa Dayak “Hayu Maja Kan Kalteng” atau “Ayo Berkunjung ke Kalteng” dalam Bahasa Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini