Iklan

Heboh ! kapal Kuno Ditemukan di Aliran Sungai Silau Asahan

Warga Kisaran, Asahan, Sumatera Utara (Sumut) dihebohkan ditemukan kapal kuno terkubur dalam sungai. Tim arkeologi maritim diduga kapal berusia di atas 50 tahun yang diduga objek cagar budaya.

Warga menduga kapal kuno karena terdapat tulisan diduga angka 1-7-1-4.Atas temuan perahu tersebut Tim Arkeologi Indonesia melakukan penelitian dan memeriksa kapal untuk memastikan merupakan cagar budaya. Hasil penelitian membuktikan bahwa kapal itu benda cagar budaya.

Diketahui kapal kuno ini ditemukan pada April  2023 di aliran Sungai Silau Asahan. Warga pun bergotong-royong menggali perahu/kapal dengan panjang sembilan meter lebih tersebut.

Kantor ini, kata Yance adalah hasil peleburan Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Balai Pelestarian Nilai Budaya. kapal Kuno bertarihk tahun 1714 ditemukan Nano di dasar Sungei Silau saat dia hendak memancing ikan pada 23 April 2023. Kondisi kapal masih terlihat cukup baik dan tidak ditemukan kerusakan.

Warga menduga ini merupakan kapal pada masa lampau. Alasannya ada tulis diduga angka 1714 pada kapal tersebut.Atas temuan perahu tersebut Tim Arkeologi Indonesia, Lucas Partanda Koestoro pun melakukan penelitian dengan memeriksa kapal kuno tersebut.

Hasilnya, ada satu kriteria terpenuhi membuktikan bahwa kapal tersebut dibuat diperkirakan usianya 50 tahun lebih. Hal itu terlihat dari ciri kayu kapal yang sudah tidak dapat ditemui lagi di wilayah tersebut.

Terkait penemuan kapal kuno di Sungai Silau Kisaran Arkeolog USU Drs Yance MSi mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan harus melaporkan temuan Nano (45).

dengan adanya tulisan di dinding perahu tertulis angka 1714. diduga kapal itu digunakan pada masa Kesultanan Asahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini