Iklan

Ini 6 Destinasi Wisata Bakkara yang Wajib Dikunjungi

Bakkara adalah sebuah lembah yang mempunyai Alam yang mempesona sekaligus salah satu destinasi wisata Bakkara yang terletak di kawasan Danau Toba tepatnya di kecamatan Baktiraja, kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Lembah Bakara memiliki Keindahan Alam mempesona yang di padukan dengan Sejarah Raja Sisingamangaraja, tertentunya menjadikannya sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang mempesona sebagai Destinasi Wisata Bakkara.

Pesona wisata Bakkara yang memukau wisatawan Domestik dan Wisatawan Mancanegara untuk Explore Lembah Bakkara.

Berikut Destinasi Wisata Bakkara yang wajib untuk di kunjungi dan di rangkum Redaksi Ebataknews:

1.Tombak Sulu-Sulu

Tombak Sulu-sulu merupakan gua tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja I. Berada di Desa marbun Tonga Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan,Sumatera Utara, Tombak Sulu-Sulu di kelilingi perbukitan menjulang.

Destinasi Wisata Bakkara
Tombak Sulu-Sulu

Gua ini dalam keyakinan sebagian orang Batak (Toba) merupakan asal muasal kelahiran Raja Sisingamangaraja I. Dahulu, pada abad ke-16 Masehi.

Tombak Sulu-sulu bisa diartikan sebagai hutan bercahaya (tombak=hutan, sulu-sulu=obor). Disebut demikian karena dulu dipercaya, pada momen-momen tertentu, di tempat ini muncul sulu-sulu saat malam hari.

2.Aek Sipangolu

Mata air Aek Sipangolu adalah keluar dari akifer sistem rekahan pada tufa toba ,“Aek Sipangolu” yang terletak di Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbahas dipercaya bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit oleh masyarakat setempat, Dengan air nya yang sejuk dan segar mengalir dari Lembah Bakkara.

Wisata bakkara
Aek Sipangolu

Mata air yang berada dipuncak bukit terus mengalir menjadi sebuah sungai kecil dan bermuara ke Pantai DanauToba Sebelum air kehidupan itu sampai ke Danau Toba, untuk lokasi pemandian disini dibagi tiga tingkatan.

Aek sipangolu menjadi wisata bakkara terfavorit yang mampu menyembuhkan beragam penyakit “AekBibir” itu berubah nama menjadi “Aek Sipangolu” yang artinya Air Kehidupan. Sampai sekarang keyakinan tentang kesakralan “Aek Sipangolu” itu masih tetap dipertahankan bahkan banyak orang yang berniat untuk menggapai cita-cita mendatangi ketempat ini.

3.Batu si ungkap-ungkapon

Batu siungkap-ungkapon terdapat di desa Bakkara dan Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan. Bagi masyarakat di kedua desa tersebut, batu siungkap ungkapon ini dipercaya sebagai tempat dilakukannya ritual yang berkaitan dengan budaya pertanian khusunya dalam bertanam padi. Batu ini dapat dijadikan refrensi untuk jenis tumbuhan padi yang akan ditanam pada musim berikutnya. Lokasi ini terdapat di area Geosite Bakara Tipang.

Destinasi Wisata Bakkara
Batu Si Ungkap-ungkapon

Disekitar istana Sisingamangaraja tepatnya disebelah kiri pintu masuk istana terdapat juga peninggalan sejarah yang bernama batu siungkap-ungkapan atau batu panungkunan boni.

4.Istana Sisingamangaraja

Pada Geosite ini terdapat Istana Sisingamangaraja, yang merupakan Salah satu pahlawan yang turut serta berjuang melawan penjajah Belanda di tanah Batak yaitu Raja Sisingamangaraja XII.

Destinasi Wisata Bakkara
Istana Sisingamangaraja

Kemegahan Istana Sisingamangaraja yang penuh dengan Gorga atau Ukiran khas Batak menjadikannya sebagai Situs Sejarah Terpopuler se-Indonesia dalam Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2019.

Di dalam Istana terdapat Makam Raja Sisingamangaraja X, Makam Raja Sisingamangaraja XI , Ruma Bolon, Ruma Parsaktian, Sopo Bolon, Bale Pasogit, Batu Siungkapungkapon dan Tempat Peribadatan kepercayaan Parmalim.

Berbagai peninggalan bersejarah yang terdapat di sini merupakan objek foto yang menarik serta bernilai sejarah tinggi. Untuk peziarah, pengelola kawasan istana ini menyediakan Ulos.

5.Air Terjun Janji

Pesona wisata Danau Toba di Humbang Hasundutan semakin lengkap karena keberadaan Air Terjun Binanga Janji di Bakti Raja. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, Air Terjun Janji dipercaya sebagai tempat para raja-raja Batak berikrar atau berjanji dalam hal kesetiaan semasa perang.

Destinasi Wisata Bakkara
Pemimpin Redaksi ebataknews.com Ricardo Hutabarat Di Wisata Air Terjun janji

Ketika tombak Sulu-Sulu ditarik tiba-tiba keluar pancaran air yang sangat deras dan tak bisa dibendung. Sumber mata air tersebut mengalir deras. Itulah awal mula dari terciptanya Air Terjun Janji.

Apabila ada salah satu anggota yang melanggar kesepakatan yang telah dibuat bersama, maka air terjun ini akan mengering secara tiba-tiba.

6.Tipang

Tipang Mas merupakan objek wisata yang paling diminati di Desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan karena menyimpan banyak sejarah. Tipang Mas memiliki panorama alam indah dengan air Danau Toba yang terlihat biru.
paling seru setelah berkunjung menikmati ikan bakar di Tipang.

Destinasi Wisata Bakkara
Pemandangan Alam Desa Tipang

Tentunya tidak cukup sehari dua hari untuk menikmati Lembah wisata Bakkara di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan Pemandangan yang memukau dan berbagai Destinasi wisata nya,juga beberapah penginapan dan Hotel Berbintang serta banyak Restaurant yang tersedia di sekitar Lembah wisata Bakkara.jadi tentukan dan rencanakan Bucket list wisata bakkara anda untukdi explored

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini