Iklan

Menteri Sosial Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang dan Beri Santunan,Di Aceh Tenggara

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini meninjau lokasi terdampak banjir bandang, Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, berada di Desa Pasar Puntung, Kecamatan Semadam, Aceh Tenggara,Kamis (30/11/2023).

Dalam agenda kunjungan kerja Menteri Sosial RI, meninjau lokasi terdampak banjir bandang di Aceh Tenggara ,penyambutan dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs.Syakir M.Si. dan jajaran Muspida serta para Kepala OPD.

Kedatangan menteri Sosial RI di lokasi Posko Bencana Desa Pasar Puntung, pertama-tama menyambangi tenda Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak terdampak banjir, tampak ibu Menteri bertutur sapa dengan warga masyarakat yang hadir, sekalian memberikan bantuan berupa bingkisan. Dan juga menyerahkan santunan bagi dua ahli waris yang meninggal dunia pada peristiwa banjir tersebut.

Kunjungan menteri Sosial juga disertai dengan peninjauan aliran sungai di desa Pasar Puntung, Kecamatan Semadam, Aceh Tenggara. Pada peninjauan ini ibu Menteri sempat menggerutu akibat pengerukan sungai yang masih kurang maksimal dikerjakan.

“Ini harus dikeruk kembali dan bersihkan kembali material batu-batu besar dan kerikil ini. jembatan itu mesti di bongkar dan naikkan kembali ketinggiannya,” Kata Menteri Sosial.

Menurut dia, pengerukan aliran sungai yang berada di tengah-tengah pemukiman warga tersebut mesti kembali dikerjakan. Karena pengerukan yang sudah dikerjakan BPBD Aceh Tenggara, dinilainya tidak maksimal.

Pada kesempatan ini, ibu Menteri juga mencetuskan akan memberikan bantuan dana pengerukan aliran sungai. Karena menurutnya normalisasi sungai-sungai penting harus dilakukan.

Ada kejadian unik yang terjadi pada kesempatan kunjungan Menteri Sosial kali ini, disaat Ibu Menteri Rismaharini mengajak Pj Bupati dan jajarannya serta Kapolres, Dandim dan semua yang ikut meninjau aliran sungai, untuk memindahkan batu-batu yang ada di depan rumah seorang warga ke pinggir sungai dengan cara gotong-royong.

Namun setelah hampir tuntas ada informasi bahwa batu-batu tersebut adalah kepunyaan pemilik rumah, dan akan dipergunakannya untuk pembuatan fondasi rumahnya. Mengetahui hal itu, Menteri langsung berkata: “gak apa, bentar sekalian saya akan berikan bantuan untuk pembangunan rumahnya” ucapnya.

Petugas dengan cepat menjumpai ibu janda tua pemilik rumah untuk mendatanya sebagai penerima bantuan pembangunan rumah dari Kementerian Sosial RI.(JPS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini