Iklan

Sekjend PDIP Akan Panggil Effendi Simbolon Gegara Dukung Prabowo

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut partainya bakal memanggil politikus Effendi Simbolon yang belakangan ini menuai sorotan atas dukungannya kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Hasto mengatakan, usai Ganjar Pranowo dideklarasikan PDIP sebagai capres pada 21 April lalu, seluruh kader banteng mesti tegak lurus terhadap keputusan tersebut.

“Karena PDI Perjuangan adalah partai ideologi berdasarkan Pancasila dan keputusan sudah diambil sehingga seluruhnya wajib mendukungnya,” kata Hasto di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Juli 2023.

Oleh karena itu, saat mendapatkan kabar ihwal dukungan Effendi Simbolon ke Prabowo, Hasto menyebut Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun akan segera memanggil dan mengklarifikasi pernyataan Effendi. Sehingga, kata Hasto, disiplin partai bisa ditegakkan.

“Bagi yang tidak memberikan dukungan (ke Ganjar), Dewan Kehormatan langsung secara otomatis, secara sistemis, menjalankan tugasnya sehingga kedisiplinan partai ini sesuatu yang sifatnya mutlak,” kata Hasto.

Sebelumnya, diketahui,pernyataan Effendi Simbolon itu dilontarkan dalam forum rapat kerja nasional perkumpulan orang-orang Batak bermarga Simbolon,Punguan Simbolon Dohot Boruna (PSBI) pada Jumat, 7 Juli 2023 lalu. Ia menilai Prabowo adalah sosok yang pantas memimpin bangsa menggantikan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

PSBI merupakan perkumpulan orang-orang Batak bermarga Simbolon, yang sejak kongres pertamanya pada 2007 dipimpin oleh Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon. Effendi saat ini juga masih aktif sebagai kader PDI Perjuangan.

Secara personal, Effendi berharap Indonesia dipimpin oleh nahkoda yang handal, sehingga kondisi porak-poranda bisa dihindari. “Tadi saya kira kita bisa membacalah, secara jujur, objektif, saya melihat itu ada di Pak Prabowo,” kata Effendi.

Kendati demikian, Effendi menegaskan bahwa dirinya adalah kader PDIP. Sehingga, sudah menjadi tanggung jawab politiknya untuk menjagokan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres.

“Ya saya kader partai, tetapi sekaligus saya punya tanggung jawab moral, punya tanggung jawab politik,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari ebataknews.com. Mari bergabung di Page Facebook “ebataknews” dan https://youtube.com/@ebataknews.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini