Iklan

Wisata Air Terjun Janji , Tempat Para Raja Berjanji di Humbahas

Wisata Air Terjun Janji berada di pinggiran Danau Toba dengan airnya yang jernih keluar dari berbukitan tinggi yang selalu ramai dikunjungi oleh Wisatawan,khususnya saat hari libur di Dusun marbun,Kecamatan Baktiraja,kabupaten Humbahas.
Wisata Sejarah Air Terjun Janji mempunyai arti tersendiri tempat para Raja membuat Janji yang berkaitan dengan adanya kesepakatan antar Raja – Raja.

Tentunya banyak yang bertanya arti atau Sejarah penamaan “Air Terjun Janji” ini, memang tidak lepas dari cerita sejarah yang berkaitan di dalamnya.

Lokasi air terjun ini merupakan tempat membuat kesepakatan Raja-Raja Batak sebelum berangkat ke medan perang.

Sebelum Memasuki Sejarah nya ,pemandangan pertama di pintu masuk adalah patung ikan Mas setinggi dua meter, dengan kolam ikan yang berada tidak jauh dari lokasi patung.

Wisata Air Terjun Janji
Pemimpin Redaksi,Ricardo Hutabarat di Pintu Masuk Wisata Air Terjun janji.

Selanjutnya adalah menyusuri jalur yang sudah tertata baik dan bagus, disertai berbagai macam tanaman di sampingnya. Seolah sedang menyusuri sebuah taman.

Setelah memasuki Tempat Air Terjun Janji berada di lokasi air terjun ini lah tempat tertancapnya Tombak Sulu – Sulu.

Tombak Sulu -Sulu tersebut ditancapkan oleh Raja Sisingamangaraja saat raja-raja lain beserta prajurit dan panglimanya mengadakan perjanjian.

Ketika tongkat tersebut ditarik tiba-tiba keluar pancaran air yang sangat deras dan tak bisa dibendung. Sumber mata air tersebut mengalir deras. Itulah awal mula dari terciptanya Air Terjun Janji.

Apabila ada salah satu anggota yang melanggar kesepakatan yang telah dibuat bersama, maka air terjun ini akan mengering secara tiba-tiba.

Air Terjun Janji lahir dari sebuah janji bersama dari tiga ( 3) Raja Batak, yaitu : Raja Marbun, Raja Sinambela, dan Raja Manullang. Ke tiga Raja tersebut dipertemukan oleh Raja Sisingamangaraja

Terdapat Janji besar antar para raja rajanya, yaitu :

“Tidak akan bertikai antar kelompok, sehingga apabila janji tersebut dilanggar, maka seketika air terjun menjadi surut dan Kering”

Dimana Air Terjun Janji ini sebagai tempat janji para Raja sebelum mereka berangkat pergi untuk berperang.

Hingga saat ini masyarakat setempat mempunyai kepercayaan bahwa orang yang mengucap janji di lokasi ini, suatu saat nanti janjinya akan terwujud.

Hal ini lah yang menjadi daya tarik dan unik sampai saat ini, Bahkan ada beberapa wisatawan yang mencoba filosofi tersebut. Nah, bagi pasangan muda mudi yang sedang kasmaran juga tak ketinggalan untuk membuat janji mereka.

Nama lengkap Air Terjun Janji adalah” Air Terjun Sampureun Janji “ terkait erat dengan sejarah Raja – Raja Batak yang ada di Sumatera Utara. yang patut diambil hikmah nya oleh generasi selanjutnya.

Wisata Air Terjun Janji,Bakkara
Pemimpin Redaksi Bersama keluarga di Pintu Masuk Lembah Bakkara

Kabupaten Humbang Hasundutan terdapat banyak sumber mata air yang berada di Lembah Bakkara yang memiliki dua sungai yaitu sungai besar dan sungai kecil.

Sungai besar yang dominan bernama Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari hamparan perbukitan sedangkan
Sungai yang paling kecil bernama Aek Simangira.

Kedua sungai tersebut mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.
Selain itu, yang menjadi keunikan ialah kedua sungai ini dapat dikenali dari warnanya.

Aek Silang berwarna coklat kemerahan, sedangkan Aek Simangira berwarna putih karena pada bagian bawahnya yang berpasir ditutupi bebatuan.

Selama perjalanan menuju air terjun wisatawan akan dibuat terpana oleh pemandangan hijau alam sekitar.

Suara kicauan burung, udara yang masih segar, hawa dingin menusuk tulang membuat suasana terasa sangat asri. Wisatawan yang berkunjung pun akan dibuat kagum dan tak henti mengucap syukur atas ciptaan Tuhan.

Tidak sulit untuk mencapai lokasi ini,Jaraknya tidak begitu jauh dari Dolok Sanggul, Ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan. Hanya dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit untuk mencapai air terjun ini menggunakan kendaraan bermotor.

Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dengan kondisi air yang jernih, udara yang sangat sejuk, serta pemandangan Danau Toba yang tampak indah.

Hamparan keindahan sudah dimulai saat para pengunjung memarkirkan kendaraan di lokasi parkiran. Jarak dari lokasi parkiran hanya 30 meter saja dengan kondisi jalan yang sedikit menanjak.

Untuk masuk ke Objek wisata ini pengunjung tidak di pungut biaya.

Bagi yang sudah pernah berkunjung pasti menginginkan untuk mengulanginya lagi karena destinasi wisata yang satu ini memang tak pernah membosankan.

Lokasi Wisata Air Terjun Janji
Lokasi Air Terjun Janji,Humbahas

Terdapat beberapa ragam aktivitas yang bisa dilakukan para pengunjung saat berada di lokasi Air Terjun Janji. Diantaranya :

1. Menikmati Keindahan Alam

Menikmati keindahan alam nya adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dimana semua kepenatan hidup untuk sesaat dapat terlupakan.

Danau vulcanik yang legendaris yang dikenal oleh dunia, yaitu Danau Toba dapat terlihat indah di lokasi ini.

Melihat Danau Toba dari ketinggian, tentu saja merupakan sajian yang sangat berbeda dengan melihat Danau Toba saat berada di bawah.

Udara yang sejuk, suara air, hijaunya pepohonan, serta percikan air nya menambah ketenangan dan kedamaian saat berada di lokasi tersebut.

Satu hal lagi, area Air Terjun Janji sangat bersih jauh dari sampah. Hal ini menunjukan sebuah pengelolaan yang baik, serta sebuah cerminan manusia yang mampu berharmoni dengan alam.

Jadi bagi para pengunjung tetap. menjaga kebersihan lingkungan, dan berwisata dengan menjunjung tinggi nilai kesopanan.

2. Foto

Keindahan di lokasi wisata Air ini sudah dimulai saat dari lokasi parkiran. Semua pemandangannya sangat layak untuk dipublikasikan di media sosial.

Satu hal lagi, terdapat satu spot yang selalu menjadi incaran bagi para fotografer. Tepat di bahu kanan terdapat sebuah tebing dengan tangga alami untuk memudahkan para pengunjung naik ke atas.

Setelah sampai di atas, para pengunjung dapat melihat sebuah kolam kecil dengan hamparan pesona keindahan alam sekitar .
Jadi jangan sampai lupa untuk membawa kamera, dan mengabadikan momen kebahagiaan.

Rute

Rute untuk menuju Air Terjun Janji jika pemberangkatan pertama dari Dolok Sanggul Ibukota Kabupaten Humbahas :

Muara Taput – Bakara – Tipang.Dolok Sanggul – Bakara.

Jarak Dolok Sanggul ke lokasi  sekitar 18,9 kilometer.

Waktu tempuh dari Dolok Sanggul ke Lokasi sekitar 45 menit.

Rute untuk menuju Air Terjun Janji jika pemberangkatan pertama dari Bandara Kualanamu Medan :

Masuk menuju jalan tol Medan Tebing Tinggi.,Menuju Pematang Siantar

Kemudian lanjutkan menuju Jalan Lintas Tengah Sumatera,Selanjutnya masuk ke Jalan Raya Muara,Lanjutkan menuju Jalan Lintas Sumatera – Tapian Nauli

Setelah itu, Masuk ke Jalan Dolok Sanggul,Masuk ke Jalan Bakkara Dan terakhir berhenti di Marbun Toroan.

Harga tiket masuk Air Terjun Janji tidak dikenakan biaya, alias gratis. Hal tersebut dikarenakan amanat para sesepuh dulu.

Jam Operasional

Jam operasional buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu tetap buka.

Penginapan 

Tidak ada penginapan dekat lokasi wisata ini, Namun sekitar 5 kilometer dari lokasi wisata, sudah bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang terjangkau.

Rata-rata harga penginapan di sana di bawah Rp. 300.000 per malam nya. Perbedaan harga ditentukan oleh jenis penginapan dan fasilitas yang disajikan.

Tips Wisata 

Bagi kalian yang mempunyai rencana menghabiskan waktu liburan di lokasi ini air terjun Janji maka inilah tips wisatanya :

Baiknya berkunjung ke lokasi ini pada saat cuaca cerah. Karena jika saat hujan tiba, maka debit air serta arusnya akan semakin kuat.

Memakai alas kaki yang tidak akan licin saat berdiri di bebatuan dan menaiki tangga atau berjalan.

Selalu menghormati budaya, serta adat istiadat masyarakat setempat.Selalu mengutamakan aspek kenyamanan dan keselamatan dalam berwisata.

Jangan merusak lingkungan sekitar, serta jangan membuang sampah sembarangan.

Penutup

Air Terjun Janji merupakan sebuah cerminan manusia yang mampu berharmoni dengan alam sekitarnya, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para leluhur dengan membuat Janji.

Semoga generasi selanjutnya, termasuk para pengunjung dapat mengambil sebuah hikmah positif saat berlibur.

Kini Bukan hanya sebatas kegembiraan saat berlibur saja, namun memberikan sebuah cermin tentang janji antar manusia dan alam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini